Ticker

6/recent/ticker-posts

Pergantian Malam Tahun Baru, Kapolres Sanggau Ajak Warga Bersholawat

Ketika kebanyakan orang melakukan aktivitas malam pergantian tahun 2018 dengan pesta kembang api, makan-makan dan minum-minum serta berjoget, sekelompok anak muda di Kota Sanggau justru memeriahkannya dengan cara berbeda yakni bersholawat dan bermain hadrah di salah satu sudut kota. 

SUGENG ROHADI, Sanggau

“Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad,” kumandang sholawat terus terdengar menggelegar di salah satu sudut kota, memeriahkan malam pergantian tahun 2018. Meski kebanyakan menyambutnya dengan hura-hura dan pesta, namun sebagian anak muda yang juga sebagian pelajar ini tetap asyik mengumandangkan sholawat, tanda kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW.

Di mulai sejak pukul 21.00, lantunan sholawat dan lahu-lagu religious menggema tanpa henti di iringi dengan hadrah. Suasana pun pecah mengingatkan diri atas kesalahan dan dosa yang telah dilakukan sepanjang tahun. Cara ini diakui sebagian mereka untuk melakukan muhasabah, meminta kebaikan di tahun yang akan datang.

Menurut Lawi, salah satu pengurus acara tersebut menyebutkan bahwa acara itu di prakarsai oleh Kelompok Tarbiyatur Iman (TARIM) Masjid Nurul Iman bersama sebagian pelajar di MAN Sanggau. Mereka mengusung tema “Tahun Baru Bersholawat. Berkat Sholawat, Maksiat Minggat.”

Jika kemeriahan malam pergantian tahun di pusatkan di Taman Wisata Sentana, mereka memilih untuk menggelarnya di simpang empat Jalan Yos Soedarso, Kelurahan beringin, Kota Sanggau.

Lawi menyampaikan malam pergantian tahun merupakan momentum koreksi diri dan mempersiapkan proyeksi untuk kehidupan di masa yang akan datang. “Ini adalah cara kami menyambut kedatangan tahun baru masehi. Kami memilih untuk bersholawat saja sambil makan bersama, memohon rahmat dan ridho dari Allah SWT,” katanya.

Meski berbeda dari kebanyakan orang, dia tidak masalah. Refleksi akhir tahun dapat dilakukan dengan cara apapun, oleh siapapun. “Tujuan kita semua baik. Yang penting pelaksanaannya tertib dan Sanggau diharapkan akan menjadi lebih baik kedepannya,” harapnya.

Pada momentum detik-detik pergantian tahun, sejumlah umat islam di beberapa mesjid juga menggelar doa bersama untuk meminta kebaikan di tahun baru 2018. Di tahun 2018, diharapkan Sanggau akan menjadi lebih baik. (*)



from DETIK INDONESIA https://ift.tt/2LemYjt
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments