Ticker

6/recent/ticker-posts

ANDA MAKAN SIANG, HINDARI MAKANAN BERIKUT INI . . .

Makan siang memiliki peranan yang sangat penting karena mempengaruhi bagaimana hari anda selanjutnya. Apakah akan tetap bugar hingga malam hari atau malah justru akan berantakan karena pola makan yang salah.

Untuk menghindari ancaman bad day, 6 menu yang sebaiknya tidak dipilih untuk makan siang :

1. Roti
Roti lapis memang sering dijadikan pilihan makan siang yang dianggap menyehatkan, terutama jika diisi dengan sayuran dan daging sebagai sumber protein.

Terus-menerus memilih menu ini rupanya dapat memberikan efek yang tidak menyehatkan. Roti memiliki kandungan serat yang minim dan indeks glikemik yang tinggi.

Hal ini akan meningkatkan kadar gula darah Anda setelah memakannya. Namun, pada sore hari, kadar gula darah justru akan merosot dengan cepat sehingga membuat nafsu makan justru melonjak.

Pilihlah roti gandum yang lebih kaya serat dan nutrisi, isian berupa biji-bijian dalam roti lapis dapat memperbaiki kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan tentunya mencegah obesitas.

  1. Mayones
    Hindari penggunaan mayones untuk menambah rasa pada roti lapis yang sudah diisi sayuran atau biji-bijian.

Pakar kesehatan menjelaskan, sesuap roti lapis yang diisi mayones mengandung 100 kalori. Selain itu, karena hampir seluruh kandungan mayones adalah lemak, dapat dipastikan tidak ada nutrisi di dalamnya.

  1. Minuman manis
    Segelas es teh manis atau minuman bersoda tentu menjadi pilihan yang menggiurkan untuk melengkapi menu makan siang, apalagi jika cuaca tengah terik.

Kesegarannya bisa membuat lupa bahwa terlalu sering menenggak minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas,diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, bahkan hal sepele seperti kerusakan gigi.

  1. Yoghurt
    Meski sering kali mengklaim sebagai salah satu makanan sehat, nyatanya yoghurt—terutama yoghurt dengan berbagai varian rasa—mengandung begitu banyak gula yang bahkan bisa lebih banyak daripada minuman bersoda.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih yoghurt tanpa rasa (plain) dengan potongan buah asli.

  1. Hanya ayam dan salad hijau
    Banyak yang berpikir makan ayam bakar, dengan tambahan sayuran hijau, sudah menjadi menu makan siang yang menyehatkan.

Kandungan di dalamnya memang menyehatkan, tetapi efeknya akan berakibat buruk. Menu yang minim lemak dan serat tersebut justru akan membuat Anda merasa cepat lapar dan lebih banyak makan pada jadwal makan berikutnya.

Untuk menghindari hal tersebut, tambahkan alpukat, kacang-kacangan, serta buncis dalam sajian Anda. Dengan begitu, energi yang didapat akan bertahan lebih lama.

  1. Pasta
    Pasta tidaklah jahat. Namun, tanpa tambahan protein di dalamnya, pasta hanya akan memberikan efek kenyang sementara. Bahkan, pasta membuat Anda merasa lesu setelah memakannya.

Jika ingin tetap menikmati sajian khas Italia ini, sebaiknya Anda memilih pasta gandum yang dikombinasikan dengan sayuran seperti brokoli, minyak zaitun, juga ayam. Dengan begitu, asupan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin akan tetap terjaga.



from DETIK INDONESIA http://ift.tt/2z3Bhoh
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments