Ticker

6/recent/ticker-posts

Ajang Bergengsi Dunia, SDIT Wakili Indonesia Ke Chuolalongkorn University, Bangkok.

Detik.in,- Lampung.
SDIT Permata Bunda I Sabet Mendali Emas Dalam Kontes Robot Nusantara
Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda I merupakan sekolah suasta yang berorientasi pada Pendidikan yang bernuansa Islami. Konsep pembelajaranya yang lebih menekankan pada tuntunan ilmu yang berpedoman pada Al Quran menjadi prioritas utama dalam proses belajar mengajar.

Dalam menanggapi perkembangan teknologi yang kian hari semakin berkembang dan tidak dapat dibendung dampaknya bagi Masyarakat luas umumnya terutama pada anak-anak. Sekolah mensiasati dengan cara menerapkan pengenalan teknologi kepada peserta didik. Dengan menggandeng Lembaga Pendidikan non formal dr.pintar, sekolah mengambangkan kegiatan ekstra kulikuler bidang robotic.

Animo peserta didik sangat luar biasa terhadap kegiatan ekstra kulikuler tersebut. Hal tersebut ditunjukan dengan jumlah peserta yang semakin bertambah di setiap tahunnya, Banyaknya jumlah peserta ternyata dibarengi dengan kemampuan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai peserta terbaik (juara I) dalamkategori ‘Creative OpenRobot’ melalui ajang yang bertaraf Nasional yaitu Kontes Robot Nusantara, yang terlaksana Minggu 30 September 2018 lalu, berlokasi di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

 

“Ini merupakan kali pertama SDIT Permata Bunda I mengikuti kontes Robot dan langsung menyabet juara pertama dengan menyisihkan 850 peserta. Kegiatan ini diwakili oleh siswa kelas 4 yaitu Faiz Nabil Al Fatan dan Oruzgan Maurad Karzani yang mengusung tema ‘Smart City’.

‘Smart city’ merupakan konsep yang digagas dengan menggabungkan duasistem dalam pengontrolan objek, yaitu dengan menggunakan system remot dan sesor. Kelebihan yang di kembangkan adalah sistem otomatisasi dan sistem kendali ruang serta jalan dengan menggunakan sensor.

SDIT Permata Bunda I dengan menggandeng Lembaga Pendidikan dr.pintar terus komitmen dalam mengembangkan minat bakat peserta didik terutama dalam mengikuti perkembangan teknologi. “Menempatkan teknologi pada posisinya sesuai dengan tumbuh kembang anak merupakan komponen utama bagi kami dalam menyikapi perkembangan teknologi” ungkap Ustadz Anwar selaku kepala sekolah.

Melalui ajang bergengsi tersebut, otomatis SDIT Permata Bunda I mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tingkat dunia yaitu, ‘International Youth Robotic Competition’ yang akan diadakan di Chuolalongkorn University, Bangkok, Thailand pada tanggal 30 November sd 1 Desember 2018 dan diikui oleh 1.250 partisipan dan berasal dari 32 Negara. (IWO Red)
Editor : Muhammad S Is,. S. Pd.



from DETIK INDONESIA https://ift.tt/2RoXl2N
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments