Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapolda: Saya Titip Ya Bu Risma, Peresmian Monumen Perjuangan Polri,Yang Di Resmikan Kapolda Jatim

Detik.in,-Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim meresmikan wajah baru Monumen Perjuangan Polri yang berada di Jalan Polisi Istimewa Surabaya, Senin (20/8/2018). Monumen itu sebelumnya, menjalani perbaikan selama kurang lebih tiga bulan, yang akhirnya selesai tepat di momen kemerdekaan HUT RI Ke-73.

Machfud mengklaim bahwa monumen tersebut sangat bersejarah dan memiliki nilai-nilai perjuangan Polri, terutama saat merebut kemerdekaan dari para penjajah. Selain itu, juga semangatnya sebagai Polri yang melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat secara profesional. Itulah yang menjadi alasan baginya, agar monumen yang sebelumnya tampak tua dan kurang layak itu perlu diperbaiki.

Machfud berharap, adanya monumen perjuangan itu bisa memberikan banyak pelajaran dan juga menginspirasi masyarakat, khususnya generasi penerus. Terutama dalam hal mengisi kemerdekaan dengan meneruskan nilai perjuangan, melakukan hal-hal yang positif, yang dapat memajukan bangsa dan membuat bangga negara Indonesia.

Terlebih, kata dia, monumen itu juga bisa menghidupkan destinasi dan semakin mempercantik Kota Surabaya, yang selama ini sudah ditata sedemikian rupa. Untuk itu, di masa jabatannya yang segera berakhir ini, Machfud menitipkan monumen tersebut kepada Pemkot Surabaya, khususnya Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, agar dirawat dengan baik.

“Saya melihat monumen ini punya nilai-nilai perjuangan polri dan sangat bersejarah. Tapi kok kurang layak, makanya kita perbaiki saja. Supaya nilai-nilai perjuangan didalamnya tetap ada dan bisa dilihat oleh masyarakat dan generasi penerus. Harapannya, juga bisa mengimbangi destinasi disini yang sudah bagus-bagus. Untuk itu, saya titip ya Bu Risma, sudah bagus ini monumennya. Saya titip, tolong bu dirawat,” kata Machfud, usai peresmian, Senin (20/8/2018).

Tidak hanya bertepatan dengan momen kemerdekaan, rupanya acara peresmian monumen itu juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Paguyuban Keluarga Besar Brimob (PKBB). Machfud pun mengaku tidak menyangka dan sama sekali tidak terfikirkan di benaknya, jika perbaikan akan selesai pada Agustus ini.

“Saya tidak punya pemikiran untuk pas pada momen perayaan ini. Tapi saya ingin memperbaiki supaya layar di lingkungan Surabaya yang lebih bagus, punya estetika dan lebih cantik deh pokoknya di Surabaya,” kata dia.

Acara peresmian itu dihadiri oleh sejumlah pejabat, tokoh nasional, tokoh agama, dan seluruh kapolres di Jatim. Salah satu tamu istimewa yang terlihat hadir yaitu Jenderal Purn TNI Try Sutrisno, yang merupakan mantan Wakil Presiden Indonesia ke 6. Namun, untuk para pejabat seperti Soekarwo Gubernur Jatim dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, dari pantauan suarasurabaya.net di lokasi, tampak tidak hadir karena berhalangan.

Acara peresmian, juga dimeriahkan dengan drama teatrikal yang mengisahkan perjuangan polisi istimewa M. Yasin dalam merenggut Kemerdekaan RI meramaikan gelaran peresmian Monumen Perjuangan Polri. Teatrikal ini pun diharapkan dapat memacu semangat polisi dalam mengemban tugas untuk mempertahankan kemerdekaan. (ang/iss/ipg)

Sumber:Suarasurabaya.net



from DETIK INDONESIA https://ift.tt/2vXAcLP
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments