Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketertiban dan Kenyamanan Modal Utama Untuk Menuju Daerah Yang Aman.

Detik.in,- Lampung Utara.

Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Polri bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta terbinanya ketenteraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Polri merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri. Polri adalah Kepolisian Nasional yang merupakan satu kesatuan dalam melaksanakan peran dimaksud di Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Salah satu di antara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan keamanan proses pemilu.

Peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting, partisipasi bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan. Kepentingan fokus partisipasi menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa.

Menurut Miriam Budiardjo, partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut secara aktif dalam kehidupan politik, antara lain dengan jalan memilih pimpinan negara dan secara langsung atau tidak langsung memengaruhi kebijakan pemerintah.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Masyarakat adalah gabungan antara seluruh warga yang hidup di suatu daerah. Polisi yang ada di Lampung Utara merupakan salah satu faktor yang mensukseskan dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Oleh sebab itu, kesuksesan Pileg dan Pilpres Aman, damai dan sejuk. Salah satunya yaitu menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK),menjaga ketertiban dalam berkampanye, tidak menghujat calon lain, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan pihak lain.

Seperti polisi kami, polisi lampung utara menurut S. Anwar saat di jumpai media Detik.in, yang saat ini Polres Lampung Utara di kepalai oleh AKBP Budiman Laksono SIK. Dengan memiliki kepribadian yang Agamis serta bijaksana. “Orangnya itu selalu fokus dalam menjalankan tugasnya baik dalam hal dunia maupun akherat, inilah pemimpin kami, dalam kesehariannya beliau selalu menjaga kewajibannya selayaknya manusia biasa, kebersihan, kenyamanan dan kesuksesan, ” kata S. Anwar, selaku Kanit polantas di pos sementara depan Rumah Makan Taruko 1, rabu (26/12/2018) siang.

“Dalam kepemimpinan beliau ini saya merasa seperti sosok seorang ayah yang dengan dedikasinya membimbing anak, beliau orangnya sedikit bicara tapi banya kerja dan orangnya bersih rapi beliau itu setelah sholat subuh langsung bergerak untuk beraktifitas sampai sore, “jelasnya.

Lanjut Anwar menyampaikan, “contohnya waktu itu, ada puntung rokok di sekitar yang dilihat beliau langsung diambil tanpa rasa ragu, malah kami yang sangat malu, melihat seorang pemimpin kepolisian dengan jabatan tertinggi di tingkat kabupaten mengambil puntung rokok,”ungkapnya.

Selain rajin, dia juga sangat bijaksana dalam kepemimpinannya, “kalaupun ada kesalahan dari bawahannya tidak pernah secara langsung menegur didepan angota yang lain, dan gak suka marah-marah hanya melalui sindiran agar anggotanya sadar dengan kesalahannya, “tambahnya

Disela kesibukannya dia juga sering kali meluangkan waktu untuk berolahraga, seperti bermain tenis lapangan dan dalam keadaan apapun Kapolres, apabila sudah memasuki waktu azan maka kegiatan yang berjalan langsung berhenti.

Dan setiap shalat subuh berjamaah di Masjid dengan cara berpindah-pindah dia juga sering saya liat membaca Al Quran.( R 1144 L )
Penulis : Muhammad Syahrial Ismail S. Pd.



from DETIK INDONESIA http://bit.ly/2TeeDQl
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments