Ticker

6/recent/ticker-posts

Launching Penyaluran Bansos Program Keluarga Harapan Tahun 2019.

Detik.in,- Pesisir Barat.
Bupati Pesisir Barat, resmikan Gedung Keserasian Sosial, serta Launching Penyaluran Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019 dan penyerahan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) di Pekon Kuta Marga, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat, rabu (13/02/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah, Azhari, Kepala Dinas Sosial Marzuki, kepala unit BPJS Krui, Danramil Pesisir Selatan, Kapolsek Bangkunat Iptu Ono Karyono, serta seluruh kepala OPD, dan Pendamping PKH se-Kabupaten Pesisir Barat.

Kepala Dinas Sosial, Marzuki menyampaikan, penerima Launching Penyaluran Bansos PKH Tahun 2019 berjumlah 300 orang dan penerimaan kartu JKN-KIS berjumlah 100 orang.

Diketahui, pengentasan kemiskinan merupakan tanggungjawab pemerintah bersama masyarakat, dalam hal ini Pemerintah Pesisir Barat berkewajiban untuk melaksanakan percepatan program penanggulangan kemiskinan, yang salah satunya melalui program keluarga harapan (PKH).

Sementara Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyampaikan apresiasi dengan telah dibangunnya Gedung Keserasian Sosial di Pekon Kuta Marga oleh Kementerian Sosial RI.

“Diharapkan, dengan telah dibangunnya Gedung Keserasian Sosial dapat dipergunakan sebagai tempat musyawarah dalam mengembangkan potensi kearifan lokal maupun sosial budaya, serta tempat penyelesaian konflik sosial maupun konflik yang lainya,”kata Agus.

Selanjunya, kata Bupati, pada saat ini Pemerintah Pesisir Barat telah mendapatkan 2 (dua) bantuan Keserasian Sosial dari Kementrian Sosial dan Budaya Republik Indonesia yang berlokasi di Pekon Kuta Makhga, Kecamatan Bangkunat, berbentuk Gedung Keserasian. Di Pekon Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa berbentuk pagar Taman Pemakaman Umum (TPU).

Bupati juga menyampaikan Pemerintah Pesisir Barat tentunya mempunyai tujuan program keluarga harapan, yakni meningkatkan sosial ekonomi masyarakat bagi keluarga penerima manfaat. Sehingga program bantuan sosial diharapkan dapat membantu untuk meringankan beban hidup keluarga miskin, meningkatkan pendidikan anak-anak dari keluarga penerima manfaat.

“Untuk itu, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu pembiayaan sekolah bagi keluarga kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarga kurang mampu bisa mengenyam pendidikan yang sama dengan keluarga yang lainnya,”tambahnya.

Dan tentunya, dengan harapan anak-anak bisa berkreasi, berinovasi serta bisa mandiri setelah mengenyam pendidikan, sehingga dapat meningkatkan tarap hidup keluarga .

Menurut bupati, pemerintah pada saat ini sedang gencar-gencarnya untuk mengentasi kemiskinan,. “Selain dengan bantuan PKH pemerintah juga telah meluncurkan program jaminan kesehatan nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS), yang mempunyai dampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, dan membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat agar mendapat jaminan pelayanan kesehatan,”pungkasnya.

Pada periode Januari 2019, Pemerintah Provinsi Lampung telah menerbitkan 993 buah kartu JKN-KIS untuk Pesisir Barat yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan, antara lain Kecamatan Bangkunat 424, Ngambur 434 dan Krui Selatan 35 kartu.(red)



from DETIK INDONESIA http://bit.ly/2BB1aLX
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments