Ticker

6/recent/ticker-posts

Singkatan Sejarah Hari Pahlawan 10 November

Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya, pada tanggal 10 November mengingatkan sejarah hari pahlawan bangsa Indonesia
Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya, pada tanggal 10 November mengingatkan sejarah hari pahlawan bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia memperingati setiap 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional. Pemerintah menetapkan Hari Pahlawan Nasional sebagai hari besar yang bukan hari libur.

Presiden Soekarno menetapkan Hari Pahlawan Nasional melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959 lalu.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional untuk mengenang sejarah pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Kala itu, para tentara dan milisi Indonesia yang pro terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia gagah berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Sutomo alias Bung Tomo menjadi salah satu tokoh yang berhasil membangkitkan perlawanan rakyat untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Pahlawan nasional dikenang karena seruan-seruannya di dalam siaran-siaran radionya yang penuh dengan semangat kemerdekaan.

Padahal saat itu Surabaya tengah diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa.

Saat itu sejarah mencatatkan bahwa rakyat Surabaya berhasil memukul mundur pasukan Inggris.

Adapun tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yakni ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’. Tema ini diambil untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan NKRI.

Masyarakat diharapkan bisa memaknai Hari Pahlawan Nasional dengan terus menerapkan protokol kesehatan lantaran bangsa Indonesia masih berjuang untuk mengalahkan pandemi Covid-19.

The post Singkatan Sejarah Hari Pahlawan 10 November first appeared on Halo Dunia.



from Halo Dunia https://ift.tt/3pgR2PA https://ift.tt/3eGXieT
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments