Ticker

6/recent/ticker-posts

Presiden Jokowi Minta MUI Untuk Kawal Program Vaksinasi Covid-19

Halodunia.net – Presiden Joko Widodo meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut mengawal program vaksinasi Covid-19. Hal ini Jokowi sampaikan saat memberikan sambutan secara virtual dalam Musyawarah Nasional X MUI, Rabu (25/11/2020).

“Saya mohon MUI juga dapat membantu mengawal  program vaksinasi yang akan segera kita lakukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi pandemi, agar kesehatan masyarakat cepat pulih dan ekonomi bisa bangkit kembali,” kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu malam.

Jokowi juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan pada MUI dalam hal penanganan pandemi Covid-19.

MUI dinilai telah responsif mencegah penularan virus corona melalui sejumlah fatwa dan panduan beribadah yang disusun untuk memastikan keamanan dan kemudahan umat. Fatwa-fatwa yang disusun MUI dinilai konteksual dan senapas dengan prinsip-prinsip kemaslahatan.

Jokowi menyebut, MUI konsisten menyuarakan pentingnya protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, termasuk ibadah dan dakwah. MUI juga dinilai telah mengutamakan keselamatan jiwa di tengah pandemi, sesuai prinsip kemaslahatan syariat Islam.

Baca Juga: Pendukung Risma Beralih Beri Dukungan Ke Machfud Arifin

“Keterlibatan aktif MUI untuk mengajak umat disiplin menjalankan protokol kesehatan akan menjadi teladan yang baik. Dan dengan keteladanan para ulama, para habaib dan tokoh agama, tokoh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, Insya Allah tugas berat pemerintah akan menjadi ringan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih lantaran MUI telah menjadi jembatan komunikasi antara ulama dengan pemerintah.

MUI, kata Jokowi, berperan dalam mencerdaskan dan memberdayakan ekonomi umat. Sehingga, terbangun hubungan yang harmonis dan kondusif bukan hanya di internal umat Islam, tapi juga kerukunan antar umat beragama di seluruh penjuru Tanah Air.

Dalam perjalanannya, MUI telah menjadi tenda besar umat Islam sebagai pelayan umat. MUI dinilai membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di mana pun berada.

Jokowi mengatakan, pemerintah mendukung penuh ikhtiar MUI dalam mewujudkan Islam yang penuh rahmat dalam kemajemukan bangsa, identik dengan pendekatan dakwah persuasif dan damai.

Kemudian tidak menebar kebencian, serta jauh dari karakter ekstrem dan merasa benar sendiri.

“Pemerintah tidak dibiarkan sendirian, namun ditemani, bahkan dibantu oleh berbagai ormas Islam bersama para ulama, para habaib, dan para cendekiawan muslim. Inilah modal berharga kita sebagai sebuah bangsa yang belum tentu dimiliki oleh negara-negara lain,” kata Jokowi.

Baca Juga: Wajib Tahu Fakta Dan Manfaat Bioglass MCI

The post Presiden Jokowi Minta MUI Untuk Kawal Program Vaksinasi Covid-19 first appeared on Halo Dunia.



from Halo Dunia https://ift.tt/2Jb6D2W https://ift.tt/3l156tq
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments