Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah Kandungan Manfaat Konsumsi Sari Kacang Hijau

Halodunia.net – Bagi banyak orang pastinya telah mengenal minuman sari kacang hijau. Sari kacang hijau sendiri telah dikenal sebagai minuman yang banyak digemari oleh orang-orang. Namun, apakah Anda telah mengetahui bahwa sari kacang hijau juga dapat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Seperti namanya, sari kacang hijau merupakan minuman yang didapat dari ekstrak kacang hijau yang miliki kandungan protein tinggi dan bermutu. Sari kacang hijau juga biasa disebut dengan susu kacang hijau karena memang didapatkan dari proses yang sama dengan pembuatan susu kacang-kacangan yang lainnya, seperti susu kedelai.

Kacang hijau sendiri termasuk ke dalam kacang-kacangan yang tinggi akan protein. Selain itu, di dalamnya juga mengandung asam amino esensial, asam folat, dan serat yang juga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Baca Juga : Dokter Kariadi Seorang Pejuang Yang Gugur Saat Meneliti Air

Ketika dikonsumsi, sari kacang hijau pastinya bukan hanya dapat menyegarkan tubuh dan juga melepas dahaga. Dengan adanya kandungan yang dimilikinya, ada beragam manfaat sari kacang hijau untuk kesehatan tubuh kita.

Agar Anda dapat mengetahui dengan rinci, berikut ini kami telah rangkum 6 manfaat sari kacang hijau untuk kesehatan, yang dilansir dari Sehatq.com

Turunkan Kadar Kolesterol dan Cegah Heat Stroke

1. Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat sari kacang hijau untuk kesehatan yang pertama adalah efektif untuk membantu turunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya penumpukan timbunan lemak di arteri sehingga dapat mengganggu aliran darah menuju jantung dan otak yang akan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Cegah Heat Stroke

Manfaat sari kacang hijau yang berikutnya adalah dapat membantu mencegah kondisi heat stroke. Heat stroke merupakan kondisi di mana tubuh yang mengalami kenaikan temperatur sangat tinggi akibat sengatan matahari dan disertai dengan rasa haus yang berlebihan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat meminum sari kacang hijau yang juga berfungsi menghidrasi tubuh agar tidak mengalami serangan panas ini.

Manfaat sari kacang hijau ini juga dipengaruhi oleh kandungan antioksidan berupa viteksin dan isoviteksin. Keduanya mampu melawan pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh terkena heat stroke.

Sehatkan Sistem Pencernaan dan Janin

 

3. Bantu Sehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat sari kacang hijau yang selanjutnya adalah dipercaya dapat mampu menyehatkan sistem pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, serat dalam kandungan kacang hijau merupakan kunci utama sari kacang hijau dapat menyehatkan pencernaan.

Pencernaan yang sehat merupakan kunci dari metabolisme tubuh yang lancar dan terjaga. Tanpa adanya kandungan serat, pencernaan kita pastinya akan terganggu dan metabolisme tubuh akan kacau.

Secara spesifik, kacang hijau mengandung serat larut (pektin) yang dapat membantu kerja saluran cerna sehingga makanan yang Anda konsumsi tidak akan memiliki masalah hingga tiba di saluran pembuangan.

Baca Juga : Rupiah Melemah Akibat Kasus Covid-19

4. Sehatkan Janin

Bagi ibu hamil, kesehatan janin merupakan hal yang utama karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan buah hati nantinya.  Manfaat sari kacang hijau untuk ibu hamil akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kacang hijau ini dipercaya akan dapat menyehatkan si janin yang dikandung.

Bagi wanita hamil, kandungan asam folat sangat dibutuhkan karena dapat melindungi janin dari kerusakan saraf janin, mencegah kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian dan 6 persen zat besi.

Sumber Antioksidan dan Cegah Diabetes

5. Sumber Antioksidan

Manfaat sari kacang hijau merupakan sumber antioksidan yang termasuk juga asam fenolik, flavonoid, asam kafeat, dan asam sinamat. Antioksidan dapat membantu menetralkan molekul berbahaya atau radikal bebas.

Berdasarkan sejumlah penelitian, antioksidan di dalam kacang hijau dapat menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat mencegah pertumbuhan kanker pada sel-sel paru-paru dan lambung.

6. Cegah Penyakit Diabetes

Manfaat sari kacang hijau yang berikutnya adalah dipercaya dapat mencegah adanya penyakit diabetes. Cara kerjanya adalah sari kacang hijau akan dapat membantu kadar gula darah tetap rendah. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang diderita oleh para penderita diabetes.

Menurut para ahli, kacang hijau kaya serat dan protein yang membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat mencegah diabetes atau membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda merupakan seseorang penderita penyakit diabetes, jangan menambahkan gula pada olahan sari kacang hijau Anda. Penderita diabetes akan sangat berpantangan dengan konsumsi gula berlebih.

Untuk itu, cobalah untuk konsumsi sari kedelai dengan tidak menambahkan gula yang berlebih pada olahannya. Dengan tidak menambahkan gula, risiko akan terjadinya diabetes yang lebih parah tentunya dapat kita hindari dan juga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : MCI Indonesia Sabet Dua Kali Penghargaan

The post Inilah Kandungan Manfaat Konsumsi Sari Kacang Hijau first appeared on Halo Dunia.



from Halo Dunia https://ift.tt/2IykD6D https://ift.tt/3pr9mG4
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments