Ticker

6/recent/ticker-posts

Harga Bumi Jika Dijual Kira Kira Berapa

Bagi banyak orang, harga tanah untuk bangun rumah bukan hal yang mudah dijangkau. Lalu, bisakah kamu bayangkan, berapa harga seluruh Bumi, jika dijual?

Mengingat sumber daya Bumi dan berbagai fungsi yang ditawarkannya kepada manusia, bisa dibilang terlalu berharga dan tidak ternilai harganya. Namun, ilmuwan berhasil menemukan formula untuk menghitung berapa harga Bumi jika dijual.

Treehugger, Greg Laughlin, yang mengembangkan formula harga Bumi memperkirakan bahwa planet tempat manusia hidup ini, bisa didapatkan dengan harga 5 kuadriliun dolar AS (sekitar 70 kuadriliun 686 triliun 281 miliar rupiah).

Harga tersebut dihitung berdasarkan kualitas planet Bumi. Hal itu dilihat dari massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang secara langsung berkorelasi dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan.

Semakin tua bintangnya, semakin tinggi nilainya karena ia memiliki kesempatan untuk menjadi dewasa. Kemudian, massa diperhitungkan apabila ukurannya mirip dengan Bumi, ia dianggap sebagai ukuran yang baik untuk mendukung kehidupan.

Laughlin, yang merupakan asisten profesor astronomi dan astrofisika di University of California, Santa Cruz, juga membandingkan harga Bumi dengan planet lain di tata surya kita. Lalu berapa harga planet lain?

Mars dihargai hampir sama dengan mobil bekas seharga 16.000 dolar AS. Jumlah itu sama dibandingkan dengan Venus, yang dia nilai hanya beda satu sen.

Laughlin tidak ingin apabila angka-angka ini diperdebatkan di dunia nyata. Dia justru berharap manusia bisa lebih terinspirasi untuk menghargai dan menjaga satu-satunya rumah yang mereka miliki.

“Formula ini membuat Anda menyadari betapa berharganya Bumi dan saya berharap ini akan membantu kita sebagai masyarakat untuk menjaga apa yang kita miliki,” kata Laughlin.

The post Harga Bumi Jika Dijual Kira Kira Berapa first appeared on Halo Dunia.



from Halo Dunia https://ift.tt/2Vy1EMF https://ift.tt/3onGZqV
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments