Ad Code

Responsive Advertisement

Hari Pertama Risma sebagai Mensos Ngobrol dengan Pemulung

Halodunia.net – Sebagai pemimpin wanita sosok satu ini masih melekat sekali jiwa merakyatnya. Bahkan Risma belum selesai menjabat sebagai Walikota Surabaya kini sudah diangkat sebagai Menteri Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo.

Memulai hari pertama kerjanya sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini atau Risma melangkahkan kaki ke kawasan aliran Kali Ciliwung yang berada di belakang kantor Kementerian Sosial, Jakarta.

Bersama rombongan kecil Kemensos pada Senin (28/12/2020) pagi itu, di atas jembatan Kali Ciliwung, Risma bertemu dan berbincang dengan sepasang suami-istri pemulung yang tengah menyiapkan gerobak untuk bekerja.

Kepada Risma, mereka bercerita mendapatkan uang Rp 800.000 tiap bulan dari hasil memulung. Uang itu sebagian mereka kirim untuk anak di kampung.

Mendengar itu, Risma mengatakan akan mengupayakan mencarikan rumah layak huni sekaligus memberikan pelatihan kepada mereka demi perbaikan kualitas hidup.

“Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi enggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya,” kata Risma.

Dari atas jembatan, mantan Wali Kota Surabaya itu kemudian turun ke bawah kolong jembatan Kali Ciliwung. Risma turun dengan menggunakan tangga besi kecil yang disiapkan rombongan.

Di situ, ia menyaksikan kondisi kehidupan para pemulung yang tinggal di kolong jembatan. Di sebuah sudut kolong jembatan yang menjadi “hunian” pemulung, ia melihat kasur gulung lusuh, lemari butut, alat-alat mandi, dan sendal jepit terserak.

Risma pun menyusuri bantaran kali sambil menyapa para penghuni kolong jembatan. Dalam kesempatan itu, Risma meyakinkan untuk mengubah nasib mereka.

“Bapak ibu, saya hanya ingin panjenengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo pak, mau ya pak,” ujarnya.

Sejak awal, Risma memang mengatakan tidak akan mengubah kebiasannya menelusuri jalananan atau blusukan sebagaimana yang kerap ia lakukan selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Dalam pidatonya saat acara serah terima jabatan Menteri Sosial pada Rabu (23/12/2020), Risma mengatakan sudah meminta para pengawal atau voorijder berada di belakangnya saat ada kegiatan.

“Karena saya harus cari itu, tadi yang saya katakan, mungkin ada yang enggak bisa makan, enggak bisa tidur, makanya saya harus tangani, saya mutar-mutar dulu, makanya nanti kalau voorijder-nya di depan saya berhenti (di jalan) ketinggalan voorijder-nya,” kata Risma.

 

The post Hari Pertama Risma sebagai Mensos Ngobrol dengan Pemulung first appeared on Halo Dunia.



from Halo Dunia https://ift.tt/2WP5hOV https://ift.tt/eA8V8J
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu