Ticker

6/recent/ticker-posts

Moh. Khoirul Amin : Indonesia Tetap Merah Putih

Setelah pemerintah mengumumkan keputusannya memasuki era kehidupan baru, namun dampak pandemipun kian terang benderang hingga Pro kontra mencuat di tataran global, regional maupun lokal akibat lockdown yang dilakukan 59 negara terhadap Indonesia.

Kegaduhan masih berlangsung hingga kini muncul berbagai pertanyaan “Apakah faktor (geo) posisi silang yang strategis – dikaitkan penyebaran Covid-19 – lantas kita pasrah dilockdown 59 negara?”

Di sampaikan Muh. Khoirul Amin, SH., S. Kom. M. Kom sosok di balik Cryme Investigation System Polri di saat situasi inilah “Geopolitical Chokepoints” dapat diberdayakan, karena selama ini ditidurkan oleh hampir di setiap orde.

Ya, Tutup saja selat – selat pada ALKI bagi pelayaran asing dengan pertimbangan Kepentingan Nasional terganggu akibat pandemi, ucap Amin.

Langkah ini, sekaligus selain menguji kedaulatan pangan dan energi Indonesia, juga test the water. Artinya, siapa kelak bakal “menjerit” duluan, Indonesia atau negara sekitar, negara tetangga di level regional atau global?

Local wisdom leluhur: “Adigang, Adigung, Adiguno — Sopo Wani Maring Insun”, memang akan nampak mencolok seperti kesombongan, tetapi jika diletakkan pada “Tempat” (maqom) – nya — atau ditempatkan pada diplomasi/politik luar negeri kita terkait lock down 59 negara misalnya, maka akan menjadi piyandel(Andalan-red), tambahnya.

Sesuatu yang diandalkan. Gilirannya Adigang, Adigung berubah menjadi ageman kang sunyoto (Kenyataan) alias pegangan hidup berbangsa dan bernegara. Seperti prabowo kang sumebar (Wibawa yang akan bersinar) karena bersumber dari takdir geopolitik.

“Lho, sejak dahulu kala Indonesia itu selain global player, juga induk peradaban dunia, nenek moyang bangsa-bangsa”.

Jangan takut, jangan pula merengek – rengek. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa sebenarnya justru Indonesia adalah super power. Kenapa?

Karena hingga hari ini, Indonesia tetap bersolo karir dalam panggung geopolitik global tanpa ikut pakta – pakta pertahanan apapun!. Indonesia Tetap Merah Putih, Pungkas Amin, sosok tenang yang hobby moge itu.



from Halo Dunia https://ift.tt/2RFGpXa https://ift.tt/eA8V8J
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments