Ad Code

Responsive Advertisement

Kongres HMI di Surabaya Ricuh, Peserta Pecahkan Gedung

Halodunia.net – Kegiatan kongres himpunan mahasiswa Islam masih belum selesai dan berbuntut panjang hingga hari ini.

Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Surabaya, ricuh pada Selasa malam (23/3/2021). Dalam rekaman video yang diterima tim detikcom, sejumlah kader mengamuk, melempar kursi, hingga memecahkan sejumlah kaca di sekitar ruang kongres.

Kericuhan yang terjadi di hari ke- kongres dipicu oleh desakan sejumlah kader agar seluruh Ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI di daerah segera hadir pada kongres. Namun, usulan itu ditolak oleh mayoritas pemilik suara sah.

Pihak kader yang menolak beralasan, mayoritas Ketua Badko HMI di Indonesia telah hadir. Tercatat, 11 dari 20 Ketua Badko sudah berada di tengah kongres.

Penolakan dalam jumlah yang besar ternyata tidak menghentikan usulan agar seluruh Ketua Badko hadir. Usual itu berulangkali dilontarkan di forum kongres, hinga membuat jalannya kongres menjadi panas.

Puncaknya, sebagian kader mengamuk. Gesekan fisik tak terhindari. Beberapa di antara mereka membanting kursi dam memecahkan pintu kaca. Forum pun diskors.

Menyusul kericuhan, sejumlah petugas polisi memasuki arena kongres untuk melerai kedua belah pihak yang bertikai. Beberapa peserta kemudian diamankan untuk diminta keterangan.

“Ada miskomunikasi di antara mereka, kemudian ada yang membanting kursi. Ini atas permintaan panitia, kami amankan 6 orang dan sekarang dalam pemeriksaan”, ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta

 



from Halo Dunia https://ift.tt/31aPego https://ift.tt/eA8V8J
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu