Ticker

6/recent/ticker-posts

Lambar : Gelar Rakor Dan Launching APBPekon.

Detik.in,- Lampung Barat.

Dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakor) Dan Launching Anggaran Pendapatan dan Belanja Pekon (APBPekon) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2019, dibuka oleh Bupati Lambar, Parosil Mabsus di Aula Rumah Sakit Alimuddin Umar, Senin (04/02/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S. Kom, Assisten dan Staff ahl, Kepala OPD, pendamping Pekon, Camat dan Peratin.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lambar menyampaikan tujuan diadakannya rapat koordinasi itu demi kesejahteraan, kemakmuran serta kemajuan daerah setempat.

“Dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan pekon tentunya membutuhkan anggaran untuk membiayainya. Oleh karenanya pemerintah setiap tahunnya memberikan alokasi dana ke pekon-pekon yang ada di Lambar ini. Progran ini bertujuan untuk peningkatan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat akan mampu untuk membangun dirinya dan juga lingkungannya menuju kemakmuran,” kata Parosil.

Kemudian, salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah adalah melalui Alokasi Dana Pekon (ADP) yang bertujuan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui potensi yang dimiliki oleh pekon.

Dana tersebut bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yang diterima oleh pemerintah daerah. Alokasi dana pekon tersebut apabila dialokasikan dengan tepat, maka akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian, meningkatkan penghidupan masyarakat dan pembangunan sarana ekonomi berbasis potensi lokal, pengembangan usaha mikro, kelembagaan ekonomi dikaitkan dengan sumber daya manusia.

Terakhir, pihaknya mengajak, Penggunaan ADP 2019, harus dikelola sesuai aturan, kepada camat pergunakan kewenangan dan kepada pendamping pekon gunakan tugas dan fungsi pendampingan, harapannya peratin melakukan koordinasi yang baik dengan Dinas PMP dan Camat serta pendamping agar dapat meningkatkan kualitas hasil pembangunan.

Plt Kepala Dinas PMP, Yudha Setiawan,S.IP melaporkan bahwa hari ini akan diserahkan menyerahkan Perbup 1 Tahun 2019 yang berkaitan dengan pedoman penyusunan APBPekon . Kemudian Pekon yang memenangkan penilaian Pekon terbaik yaitu Pekon Mutar alam, Kecamatan Way tenong, Pekon Jagaraga, Kecamatan Sukau dan Pekon Sindang Pagar, Kecamatan Sumber Jaya.

Hasil Rakor tersebut program pekon di tingkatkan untuk masing-masing pekon dan harus ada Kewenangan di tingkat Kecamatan disesuaikan dari masing – masing Pekon dan diharapkan ADD dari APBN meningkat, peratin dan LHP bersinergi melakukan percepatan pembangunan di pekon masing-masing serta membangun BUMD. (Red)



from DETIK INDONESIA http://bit.ly/2BxLrNZ
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments